Jember – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berfokus pada meningkatkan mutu layanan untuk mendorong pelayanan yang mudah, cepat, dan setara.
Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah Aplikasi Mobile JKN, yang telah digunakan oleh sebagian besar peserta JKN, termasuk Ahmad Fadil (53).
Ahmad menyatakan bahwa Aplikasi Mobile JKN menjadi jendela informasi yang memudahkan akses layanan JKN.
Fitur-fitur seperti pengambilan nomor antrean online, konsultasi dokter, dan informasi jadwal operasi di fasilitas kesehatan, sangat membantu dalam memudahkan layanan kesehatan.
“Hadirnya Aplikasi Mobile JKN merupakan salah satu upaya efisiensi pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan maupun di fasilitas kesehatan,” ungkap Ahmad, Selasa, (6/2/2024).
Memastikan status keaktifan kepesertaan secara berkala melalui aplikasi ini menjadi hal penting bagi Ahmad dan keluarganya, untuk mengurangi kekhawatiran jika membutuhkan layanan kesehatan.
Ahmad menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk melihat status kepesertaan dan melakukan perubahan data tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan.
Ahmad merasakan manfaat yang signifikan dari Aplikasi Mobile JKN, sehingga ia merekomendasikannya kepada kerabat, teman, dan tetangga.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Galih Anjungsari, mengatakan Aplikasi Mobile JKN dirancang untuk mempermudah akses pelayanan bagi seluruh peserta.
“Inovasi ini kami kembangkan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN,” kata Galih.
Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat ngakses layanan administrasi dan menyampaikan aduan pelayanan secara online, menjawab tantangan dan permasalahan yang selama ini terjadi di lapangan.